KPU Badung Harap Covid-19 Tak Jadi Halangan Bagi Pemilih untuk Nyoblos Ke TPS

  • 23 Juni 2020
  • 19:30 WITA
berita_202406110613_KPUBadungHarapCovid-19TakJadiHalanganBagiPemilihuntukNyoblosKeTPS.jpeg

MANGUPURA. Berbagai cara dilakukan semua pihak untuk dapat beradapatasi di tengah ketidakkepastian belum berakhirnya pandemi Covid-19. Salah satunya yang dilakukan KPU Kabupaten Badung dengan menggandeng TVRI Bali.

Kali ini, dilakukan sosialisasi tahapan pemilihan melalui dialog interaktif “Wirasa” pada Selasa (23/06/2020). Adapun tema yang diangkat berkaitan dengan sosialisasi tahapan dan data pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 9 Desember Tahun 2020.

Hadir sebagai narasumber Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM I Wayan Artana Dana serta Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi I GKG Yusa Arsana Putra yang dipandu oleh host kawakan Ketut Putra dan Ayu Wiriastuti.

Ketua KPU Kabupaten Badung dalam membuka dialog menyampaikan pihaknya sudah melakukan proses tahapan dengan langsung menggebyar sosialisasi melalui terobosan konser “On The Truck”.

“Kami juga telah menyasar  segmen pemilih pemula sampai pada keluarga dan masyarakat untuk mensukseskan pesta demokrasi di bumi keris,” ungkap pria yang akrab dipanggil Kayun Semara ini.

Ditanya mengenai tantangan dan sistem keuangan di masa pandemi, Ia menuturkan semua pihak tidak berharap di situasi sekarang. Tentunya KPU Kabupaten Badung harus mampu beradaptasi, yang diawali optimalisasi anggaran.
 
Selanjutnya Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi I GKG Yusa Arsana Putra menjelaskan mengenai pembagian Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Di antaranya satu TPS hanya dapat diisi maksimal dengan 500 pemilih. Setelah dilakukan pemetaan, jumlahnya menjadi 1069 yang sudah diturunkan kepada PPS.

“Dengan sudah dilanjutkannya tahapan pilkada per tanggal 15 Juni 2020 kemarin, maka dimulai pula perekrutan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP). Perekrutan PPDP ini akan dilaksanakan tanggal 24 Juni sampai dengan 14 Juli 2020,” papar Gung Yusa.
 
Sementara itu I Wayan Artana Dana mengatakan awalnya sebelum pandemi terjadi telah melaksanakan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan tatap muka ke tokoh masyarakat. Saat ini, memasuki kondisi new normal KPU Badung sudah merancang dengan sistem sosialisasi virtual melalui kerjasama berbagai pihak media seperti televisi, radio dan media cetak.

“Kita sosialisasikan semua kegiatan yang ada, terlebih yang paling berat adalah membangun keinginan masyarakat untuk datang ke TPS. Karena dia juga berpikir apabila ke TPS apa konsekuensi keamanan baginya. Ini merupakan sebuah tantangan bagi penyelenggara pemilu agar selalu memperhatikan protokol kesehatan pemilih,” jelasnya.

Ditambahkan, semua kegiatan yang bersangkutan dengan tahapan pemilihan tentu ada aturan yang sangat ketat terlebih soal kesehatan. Sehingga pihak penyelenggara khusunya KPU menjamin pemilih untuk datang ke TPS pada tanggal 9 Desember 2020.

 

Foto Terkait:

 

Komentar

Dokumen Terkait