KPU Badung Undang PPK Bahas Persiapan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih

  • 19 Juni 2020
  • 13:05 WITA
berita_201906100620_KPUBadungUndangPPKBahasPersiapanPetugasPemuktahiranDataPemilih.jpeg

MANGUPURA. Dengan dilanjutkannya tahapan Pemilihan Serentak 9 Desember 2020, KPU Kabupaten Badung bergerak cepat. Melalui Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, mengadakan rapat terkait persiapan Pemuktahiran Data Pemilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020.

Rapat yang mengundang perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Peserta rapat dipastikan telah menggunakan masker, mencuci tangan, cek suhu tubuh dan jaga jarak. 

Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, S.H. menyampaikan pihaknya telah melakukan pembagian TPS dengan mengikuti protokol Covid-19. Hal ini di antaranya, satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) hanya dapat diisi maksimal 500 pemilih. Dari pemetaan tersebut, jumlah TPS menjadi 1069 yang sudah diturunkan ke PPS.

“Data yang telah diturunkan kepada PPS akan dikembalikan kepada KPU tanggal 22 Juni 2020. Data tersebut sebagai acuan pembuatan DPS setelah di upload pada sidalih untuk kemudian data DPS akan di coklit oleh PPDP," papar Gung Yusa.

Lebih jauh Ia menjelaskan pembentukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) yang didasarkan usulan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan beberapa pedoman yakni batas maksimal usia PPDP yang tidak lebih dari 50 tahun. “Hal ini dikarenakan PPDP diharapkan memiliki pengetahuan IT dan lebih sehat secara jasmani mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, serta coklit dilakukan secara offline," terangnya.

Terakhir para peserta rapat mendapatkan pengarahan oleh operator Sidalih Alit Mardangga,  yang berkaitan dengan mekanisme pemetaan TPS di KPU Kabupaten Badung. Salah satunya dengan mengelompokkan pemilih berdasarkan banjar atau lingkungan sesuai dengan alamat pemilih. 

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (19/06/2020) bertempat di Ruang Nayakottama Lt II ini mendapatkan respon positif dari para peserta rapat. Hal ini terlihat dengan adanya diskusi terkait permasalahan yang sering terjadi di lapangan.

Foto terkait :

 

Komentar

Dokumen Terkait