KPU Badung Ikuti Virtual Meeting Divisi SDM dan Parmas se Bali

  • 19 Mei 2020
  • 14:15 WITA
berita_201905030547_KPUBadungIkutiVirtualMeetingDivisiSDMdanParmasseBali.jpeg

KPU Kabupaten Badung mengikuti virtual meeting yang difasilitasi oleh KPU Provinsi Bali dan diikuti oleh Divisi SDM, Sosialisasi dan Parmas serta Sub Bagian Teknis se Bali, Selasa (19/05/2020).

 

Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas, I Gde John Darmawan yang memimpin langsung rapat menyampaikan jadwal, program dan metode sosialisasi yang akan digunakan untuk menyampaikan informasi tahapan Pilkada Serentak 2020 pada Desember 2020 sesuai dengan Perppu Nomor 2 Tahun 2020.

 

“Jika pemerintah telah mencabut darurat bencana nonalam pandemi Covid-19 pada 31 Mei 2020, maka kita akan mulai lakukan sosialisasi tatap muka terbatas segera setelah tahapan dibuka kembali” jelas John Darmawan.

 

Sosialisasi tatap muka terbatas akan dilakukan dengan mengundang pemilih pemula ataupun masyarakat ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang telah dimiliki oleh KPU Kabupaten/Kota. Tentu saja kegiatan tersebut harus tetap mengikuti protokol kesehatan, dengan membatasi peserta tidak lebih dari 15 orang.

 

Banyak yang menjadi perhatian dalam metode sosialisasi ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Salah satunya adalah pelaksanaan coklit data pemilih yang harus dilakukan oleh PPDP. Bagaimana merekrut petugas, apakah mereka disiplin mengikuti SOP serta protokol kesehatan saat melaksanakan tugas. Ini tentu menjadi tantangan sosialisasi kedepannya.

 

Hal penting lain untuk menjadi tindaklanjut bagi KPU Kabupaten/Kota adalah memaksimalkan dan menggencarkan sosialisasi melalui daring memanfaatkan media sosial masing-masing satker. Sampai dengan dibukanya kembali tahapan pemilihan, sementara fokus sosialisasi tetap pada pencegahan penyebaran virus Covid-19.

 

Penyajian data melalui PPID juga menjadi pembahasan, bahwa KPU Kabupaten/Kota wajib melakukan update data untuk jenis informasi berkala, setiap saat dan serta merta. Operator PPID KPU Provinsi Bali menyampaikan jenis data atau informasi apa saja yang dapat diunggah sebagai informasi dan penentuan status informasi dimaksud.

 

Diakhir rapat, John Darmawan memberikan apresiasi terhadap KPU Kabupaten/Kota se Bali yang sudah selalu melakukan update informasi melalui akun media sosial sesuai dengan anjuran KPU RI.

Komentar

Dokumen Terkait