KPU Badung Pecah Pelantikan PPS Tahun 2020 Di Tiap Kecamatan

  • 20 Maret 2020
  • 16:05 WITA
berita_202003100334_KPUBadungPecahPelantikanPPSTahun2020DiTiapKecamatan.jpeg

MANGUPURA. Ditengah risiko terpapar penularan Virus Corona (Covid-19), KPU Kabupaten Badung memecah pelaksanaan pelantikan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020. Pelantikan dilaksanakan di enam Kantor Camat se-Kabupaten Badung secara serentak, Jumat (20/03/2020). Kelima Anggota KPU Kabupaten Badung berbagi tugas di enam kecamatan dalam melantik seluruh Anggota PPS se-Kabupaten Badung.

Tidak hanya itu, demi tetap menjaga kemungkinan terburuk meluasnya virus, KPU Kabupaten Badung telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung. Tindak lanjutnya berupa pihak Puskesmas melakukan penyemprotan disinfektan di ruangan pelantikan, seperti di Aula Kantor Camat Kuta Selatan. 

Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta mengapresiasi para Camat se-Kabupaten Badung, karena telah memberikan fasilitas berupa peminjaman dan pemakaian ruangan untuk menyelenggarakan acara pelantikan PPS. Dalam pelantikan ini, Kayun Semara melantik PPS di Kecamatan Mengwi dan Petang.

“Pelantikan PPS ini merupakan rangkaian tahapan Pilkada Badung. Berikutnya, di bulan April akan melakukan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang salah satu tugas utamanya adalah untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) dalam rangka mewujudkan data pemilih yang valid dan berkualitas,” ujar Semara Cipta di Petang.

Menurut Kayun Semara sapaan akrabnya, begitu PPS dilantik maka selaku penyelenggara pemilihan secara sadar telah memahami bahwa kebebasan dalam berekspresi utamanya di media sosial menjadi terbatas. “Hal ini sebagai wujud menjaga netralitas dan independensi diri sehingga mampu meyakinkan masyarakat sebagai Panitia Pemungutan Suara di tingkat desa/kelurahan yang berintegritas,” tegasnya. 

Sementara itu saat melantik di Kecamatan Petang, Ketua KPU Kabupaten Badung secara pribadi maupun lembaga mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1942 bagi umat sedharma.  

Anggota PPS yang baru dilantik akan memulai masa tugasnya per tanggal 23 Maret hingga 30 November 2020 mendatang.

Foto Terkait :

 

Komentar

Dokumen Terkait