Pentingnya Sukses Administrasi Dukung Sukses Pelaksanaan Pilbup 2020

  • 07 Maret 2020
  • 13:00 WITA
berita_200803010319_PentingnyaSuksesAdministrasiDukungSuksesPelaksanaanPilbup2020.jpeg

MANGUPURA. Pentingnya pemahaman pengelolaan keuangan dan anggaran menjadi bagian yang tak terlepaskan dalam tertib administrasi untuk menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020. Hal ini mendorong KPU Kabupaten Badung melaksanakan bimbingan teknis terkait keuangan dan anggaran pada 6-7 Maret 2020 bertempat di Golden Tulip Jineng Resort.

Hadir dalam bimtek hari kedua Anggota KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan, Kepala Bagian Pengelolaan Keuangan Biro Keuangan KPU RI Muhammad Aminsyah, Komisioner, Sekretariat hingga Staff Pendukung KPU Kabupaten Badung.

Dalam sambutannya mewakili Ketua KPU Provinsi Bali, I Gede John Darmawan mengapresiasi pertemuan yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Badung. Ia pun menekankan proses tata kelola keuangan pada tahapan pilkada akan menjadi proses yang akan diamati dari awal sampai akhir tahapan.

“Kita tidak hanya harus profesional melakukan hal-hal teknis dalam hal penyelenggaraan kepemiluan, tapi juga profesional dalam hal administratif,” tutur John Darmawan.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengelolaan Keuangan Biro Keuangan KPU RI Muhammad Aminsyah mengatakan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam pengelolaan dana hibah.

“Hal yang harus diperhatikan ialah mekanisme pengambilan dana, mekanisme penyaluran dana hibah, dan terakhir mekanisme pertanggungjawaban,”tuturnya. 

Lebih jauh Aminsyah menambahkan hal yang berkaitan dengan tahapan pengesahan hibah langsung dalam bentuk uang. Di antaranya pengajuan permohonan nomor register, pengajuan persetujuan pembukaan rekening hibah, penyesuaian (revisi) pagu hibah dalam DIPA dan pengajuan pengesahan ke KPPN atau dikenal dengan istilah 3R + 1P.

Saat menutup acara, Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta berharap, dengan penyampaian materi khususnya berkaitan dengan tata kelola keuangan anggaran pilkada 2020 ini bisa semakin baik.

“Semoga segala kegiatan hari ini ada manfaatnya, dalam rangka kita sinergikan kembali, menyamakan, menyatukan persepsi untuk menyukseskan pilkada Bupati dan Wakil Bupati Badung 23 September 2020 dengan meraih target partisipasi pemilih 85%,” tutupnya.

Pada kegiatan tersebut berbagai pertanyaan dan permasalahan di bidang keuangan pun didiskusikan. Antusias peserta bimtek dari jajaran komisioner dan sekretariat cukup tinggi, sehingga diskusi berlangsung sampai melewati batas waktu yang disiapkan panitia.

Foto Terkait :

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait