Usai Dilantik, PPK Dibimtek Integritas Dan Profesionalitas Selaku Penyelenggara Pilkada Badung 2020

  • 27 Februari 2020
  • 16:20 WITA
berita_202702070242_UsaiDilantik,PPKDibimtekIntegritasDanProfesionalitasSelakuPenyelenggaraPilkadaBadung2020.jpeg

MANGUPURA. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung bergerak cepat setelah melakukan pelantikan dengan memberikan bimbingan teknis kepada 30 orang anggota PPK ditempat yang sama di Hotel Sense Sunset Seminyak pada Kamis (27/02/2020).

Hadir dalam memberikan materi, Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta, Anggota KPU Kabupaten Badung Nur Sodiq, Anggota KPU Kabupaten Badung I Wayan Artana Dana dan terakhir dari Anggota KPU Kabupaten Badung I GKG Yusa Arsana Putra.

Pemaparan pertama diberikan oleh Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Hukum dan Pengawasan Nur Sodiq. Dalam arahannya diberikan penjelasan dengan tema Etika Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan.

“Kode etik penyelenggara pemilu dan pemilihan dimaksudkan untuk menjadi pedoman bagi penyelenggara agar berintegritas dan profesional sehingga menghasilkan pemilihan yang kredibel,” tegasnya.

Selanjutnya dari Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM I Wayan Artana Dana menekankan terkait dengan struktural keanggotaan hingga tugas PPK.

“Di lembaga KPU dikenal dengan istilah kolektif kolegial yang artinya merujuk kepada sistem kepemimpinan yang melibatkan para pihak yang berkepentingan dalam mengeluarkan keputusan atau kebijakan melalui mekanisme dengan mengedepankan semangat keberasamaan,” ujarnya.

Sementara itu materi alur kerja pemutakhiran data pemilih diisi oleh Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi I GKG Yusa Arsana Putra. Pada dasarnya pemutakhiran data pemilih adalah rangkaian kegiatan yang terencana dilakukan KPU Kabupaten  Badung dibantu oleh Panitia Pemilih Kecamatan demi memastikan data pemilih  yang akurat dan komprehensif.

“Alur kerja ini sekaligus menjadi petunjuk pelaksanaan  atau petunjuk operasional bagi KPU Kabupaten  Badung dan juga Badan Adhoc untuk melakukan kegiatan pemutakhiran data pemilih,” tuturnya.

Sebagai pemateri terakhir, Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta memberikan penyampaian yang sedikit berbeda, dimana seluruh PPK diajak berdiri berpegangan tangan dan melakukan kontemplasi (perenungan) bahwa dibutuhkan kesadaran diri terkait peran, tugas dan tanggungjawab selaku penyelenggara, agar dapat bekerja secara profesional, cerdas serta cermat untuk kesuksesan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung pada 23 September 2020.

Foto terkait:

Komentar

Dokumen Terkait