Perpanjang Pendaftaran Calon Anggota PPS, KPU Badung Koordinasi Kembali Dengan Desa-Kelurahan

  • 26 Februari 2020
  • 12:00 WITA
berita_202602060205_PerpanjangPendaftaranCalonAnggotaPPS,KPUBadungKoordinasiKembaliDenganDesaKelurahan.jpeg

MANGUPURA. Sehubungan dengan perpanjangan masa pendaftaran calon Anggota Panita Pemungutan Suara (PPS), KPU Kabupaten Badung menggelar Rapat Koordinasi dengan pihak terkait pada Desa/Kelurahan se-Kabupaten Badung bertempat di Ruang Rapat Kerta Gosana DPRD Badung, Rabu (26/02/2020).

Ketua KPU Kabupaten I Wayan Semara Cipta dalam sambutannya sekaligus membuka acara, mengapresiasi kepada pemerintah di tingkat desa maupun kelurahan yang berkenan hadir walaupun di guyur hujan lebat.

“Proses rekrutmen calon anggota PPS pada Pilkada Badung kali ini menggunakan mekanisme baru yakni dengan cara mendaftar, berbeda dengan mekanisme terdahulu yang merupakan usulan dari desa/kelurahan, sehingga mungkin minat secara sadar untuk mendaftar sebagai PPS itu kurang. Dengan ini kami lakukan perpanjangan masa pendaftarannya,” ujar Semara Cipta.
 
Keadaan itu diperjelas dengan peraturan per desa harus menyiapkan kuota 2 kali dari kebutuhan atau enam orang untuk pelamar PPS. Dilihat dari 62 desa yang berada di Kabupaten Badung, baru 10 desa yang memenuhi kuota pendaftar PPS.
 
Untuk itu, melalui kegiatan ini, KPU Kabupaten Badung kembali mengharapkan kerjasama dan fasilitasi Pemerintah Daerah tingkat Desa/Kelurahan untuk membantu mendorong, menyediakan bahkan merekomendasi personil yang dapat dilibatkan sebagai PPS, hinga dapat terpenuhi saat batas akhir masa perpanjangan pendaftaran 27 Februari 2020.

Sementara itu Anggota KPU Kabupaten Badung I Wayan Artana Dana dalam pemaparannya menjelaskan mengenai hal-hal teknis dalam perekrutan PPS. Di antaranya mengenai tempat dan tanggal dilakukannya tes tertulis. 

“Jadwal seleksi tes tulis akan dilakukan tanggal 4 Maret 2020, mohon kepada Bapak/Ibu yang berada disini agar menyampaikan kepada calon PPS di desa/kelurahan masing-masing,”ajaknya.

Lebih jauh mengenai rencana tempat diadakannya tes tulis, KPU Kabupaten Badung menggunakan beberapa sekolah. Diantaranya SD 6 Jimbaran, SD 1 Kuta, SMP 1 Kuta Utara, SMA N 1 Mengwi, SMA 1 N Abiansemal dan SMA 1 N Petang. Ditambahkan terkait materi tes tulis sendiri sifatnya umum tidak terdapat undang-undang, dengan jumlah soal 50 pilihan ganda.

Foto terkait :

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait