Pentingnya Peran Media dalam Pilbup Badung 2020

  • 23 Februari 2020
  • 20:05 WITA
berita_202402120256_PentingnyaPeranMediadalamPilbupBadung2020.jpeg

MANGUPURA. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi berbasis internet, maka semakin penting peran media online sebagai salah satu faktor yang dapat memberikan efek positif dalam meningkatkan partisipasi pemilih terlebih generasi milineal pada pilkada serentak tahun 2020. Hal tersebut terungkap dalam acara Temu Media yang digelar KPU Kabupaten Badung bertempat di Ruang Rumah Pintar Pemilu (Minggu, 23/02/2020).

“Perkembangan dunia digital tidak bisa dibendung, informasi yang diminati mengarah kepada media online. Hal ini akan menjadi acuan pola seperti apa yang efektif untuk menyebarkan informasi terkait Pilkada Badung,” ujar Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta.

Lebih lanjut dalam sambutannya mengatakan, kerjasama dengan media yang sudah terjalin sampai saat ini harus terus ditingkatkan, untuk lebih memaksimalkan sosialisasi dan penyebarluasan informasi terkait pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020.

Kayun Semara sapaan akrabnya menambahkan di beberapa media online memiliki viewer yang tinggi sehingga berpotensi untuk viral dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dengan target 85%. Tidak lupa juga ia menerangkan dukungan dari pihak radio dan televisi sangat membantu dalam menyosialisasikan informasi terkait tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020.

Dalam kesempatan ini, Semara Cipta juga menyampaikan upaya-upaya yang telah KPU Kabupaten Badung lakukan dalam menyosialisasikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020. Di antaranya  melalui pembagian bahan sosialisasi berupa tas belanja berbahan kain sebagai komitmen KPU Badung turut mengurangi sampah plastik. Selanjutnya kegiatan konser on truck bagi kaum millenial, sosialisasi berbasis komunitas saat rapat koperasi dan melalui pementasan kesenian Bondres saat piodalan di Pura Ulun Swi Jimbaran.

Sementara itu Anggota KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan dalam arahannya mengungkapkan proses kerjasama dengan media tidak hanya kontrak saja, melainkan kerjasama informasi. Karena kita menyadari bahwa media memerlukan berita.

“Pemilu lebih berarti jika tingkat partisipasi pemilih tinggi sehingga keabsahan pemilih dapat dipertanggungjawabkan dan murni pilihan masyarakat. Ia pun menjelaskan media adalah corong yang bisa menjembatani kita untuk berhadapan masyarakat,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh Komisioner, Sekretariat, Tenaga Pendukung KPU Kabupaten Badung, KPU Provinsi Bali, Bawaslu Kabupaten Badung, Media Cetak, Elektronik, dan Online

Komentar

Dokumen Terkait