Tingkatkan Kinerja Instansi, KPU Badung Gelar Sosialisasi Penyelenggaran SPIP Tahun 2020.

  • 31 Januari 2020
  • 16:05 WITA
berita_201302020229_TingkatkanKinerjaInstansi,KPUBadungGelarSosialisasiPenyelenggaranSPIPTahun2020.JPG

MANGUPURA. Demi meningkatkan integritas KPU sebagai Penyelenggara Pemilu, KPU Kabupaten Badung mengadakan Sosialisasi Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lingkungan KPU Kabupaten Badung Tahun 2020, Jumat (31/01/2020), bertempat di Wr. Mina Dalung.
Anggota KPU Kabupaten Badung (Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi), I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra saat membuka secara resmi sosialisasi tersebut mengatakan, persoalan pengendalian internal ialah suatu masalah yang terpenting, oleh karenanya kami berharap seluruh kawan-kawan mengikuti dengan saksama sehingga acara hari ini berjalan dengan baik dan lancar.

“Hal yang terpenting adalah ada pemahaman yang sama diantara kita tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh kita lakukan dalam rangka pelaksanaan seluruh tahapan atau kegiatan berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Badung Tahun 2020,” terangnya.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Badung, Nur Sodiq sebagai leading sector kegiatan memberikan pemahaman berkenaan dengan penyelenggaraan SPIP di lingkungan Sekretariat KPU Badung. Pengendalian terhadap kegiatan intern instansi meliputi laporan bidang kepegawaian, keuangan, pengadaan barang/jasa, penataan aset BMN dan laporan kinerja.

“Inti dari SPIP adalah serangkaian kegiatan atau proses yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan maupun seluruh pegawai untuk menjamin bahwa visi misi dan tujuan organisasi itu tercapai dengan baik, ditambahkan pula perlu adanya budaya pengawasan terhadap organisasi-organisai sehingga dari awal kita bisa mengantisipasi segala pelanggaran maupun potensi kerawanan yang akan muncul kedepan,” tegasnya.

Netralitas ASN dalam pemilihan juga ditekankan dalam kegiatan ini. Netralitas ASN  berarti bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun. ASN wajib menjaga netralitasnya sehingga tidak terjadi konflik kepentingan dalam melaksanakan tugasnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Komisioner KPU Kabupaten Badung, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ni Luh Nesia Padma Gandi, Ketua beserta Anggota Bawaslu Kabupaten Badung, beserta seluruh pegawai Sekretariat KPU Kabupaten Badung. Ngr

Komentar

Dokumen Terkait