Bahas Netralitas Polri dan ASN, KPU Badung Sosialisasi Pilkada 2020 di Polresta Denpasar

  • 12 Februari 2020
  • 13:00 WITA
berita_201202050250_BahasNetralitasPolridanASN,KPUBadungSosialisasiPilkada2020diPolrestaDenpasar.jpg

MANGUPURA. Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung Divisi Hukum dan Pengawasan Nur Sodiq menjadi narasumber dalam rangka menjaga netralitas Polri dan ASN dalam tubuh Polri guna mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020. Acara sosialisasi berlangsung di Aula Serba Guna Lantai III Gedung Pesat Gatra Polresta Denpasar, Rabu (12/02/2020).

Ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya dimana KPU Kabupaten Badung telah melaksanakan audiensi dengan Polresta Denpasar mengenai Tahapan Pilkada 2020, sekaligus menyampaikan apresiasi kepada jajaran kepolisian karena telah mensukseskan Pemilu Tahun 2019 dalam keadaan aman, tertib dan lancar.

Wakapolresta Denpasar AKBP I Wayan Jiartana dalam sambutannya mengajak para peserta sosialisasi untuk bersama-sama mengikuti acara ini terkait dengan pelaksanaan pilkada serentak yang akan berlangsung 23 September 2020.

“Dengan dilaksanakan sosialisasi ini diharapkan pada personil Polresta Denpasar tidak saja paham dengan UU yang ada, tapi perlu berbuat dan bertindak menghindari segala larangan yang ada. Sehingga tidak ada anggota maupun ASN yang diproses terkait dengan pelanggaran ketentuan undang-undang pemilu,” tegasnya.

Sementara itu, Nur Sodiq memaparkan mengenai pentingnya netralitas Polri dan ASN dalam Pilkada Serentak Tahun 2020.

“UU No. 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 28 Ayat (1) ini menjadi acuan bagi seluruh anggota Kepolisian, karena menyatakan Polri bersifat netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri di dalam kegiatan politik praktis,” terangnya.

Dalam acara ini KPU Kabupaten Badung menekankan sekaligus berharap bagi semua Polri maupun ASN makin menyadari peran dan fungsinya sebagai abdi masyarakat, salah satunya dengan cara tidak berpihak pada kepentingan perorangan maupun kelompok tertentu.

Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri oleh KPU Kota Denpasar, Bawaslu Kota Denpasar, Bawaslu Kabupaten Badung, Para Kabag, Kasi, Kapolsek, Perwira, Anggota Polri serta ASN di lingkungan Polresta Denpasar. Ngr

Foto Terkait :

Komentar

Dokumen Terkait