Gerak Cepat KPU Kabupaten Badung, Siapkan Anggota Panitia Pemungutan Suara dan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih

  • 11 Februari 2020
  • 16:25 WITA
berita_201102040235_GerakCepatKPUKabupatenBadung,SiapkanAnggotaPanitiaPemungutanSuaradanPetugasPemuktahiranDataPemilih.jpeg

MANGUPURA. Usai seleksi wawancara calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU Kabupaten Badung mulai bersiap untuk perekrutan calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020. Salah satunya melalui rapat koordinasi bersama Camat, Lurah, Perbekel dan instansi terkait pada Selasa (11/02/2020).


Dilaksanakan di ruang rapat BKPSDM, Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta dalam sambutannya menjelaskan pengumuman perekrutan Badan Adhoc ditingkat desa ini.


“Akan kita umumkan per tanggal 15,16,17 Februari 2020 mengenai perekrutan Badan Ad hoc melalui media sosial, laman website KPU Badung serta akan ditempel dimasing-masing kelurahan atau desa,”tuturnya.


Lebih lanjut Kayun sapaan akrab Ketua KPU Kabupaten Badung,  menekankan karena merupakan seleksi terbuka jadi siapa pun bisa untuk menjadi PPS. “Tentu kami berharap dari Bapak/Ibu yang mewakili desa atau kelurahan, bahwa siapa pun petugas-petugas PPS nanti itulah orang-orang yang mengenal desanya dan dikenal juga oleh perangkat desa. Ini berdampak kepada bagimana memudahkan proses komunikasi dan koordinasi,”terangnya.


Berkaitan dengan hal tersebut, tugas-tugas PPS lebih banyak kepada hal-hal yang bersifat teknis seperti pemutakhiran data pemilih, koordinasi dimana lokasi TPS hingga proses distribusi logistik. Selain itu, hal terpenting ialah bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih agar mencapai target 85% dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 23 September 2020.


Selanjutnya dalam pemaparannya, Komisioner KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM I Wayan Artana Dana menjelaskan lebih jauh mengenai hal-hal teknis perekrutan. Di antaranya persyaratan, periodisasi dan kelengkapan dokumen untuk para calon anggota PPS.


Pemutakhiran data pemilih juga ditekankan dalam kegiatan ini. Hal tersebut disampaikan Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra. Berkaitan dengan data pemilih ini, KPU Kabupaten Badung akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan maupun desa mengenai pemetaan TPS dan pemutakhiran data pemilih.

 

 

Komentar