KPU Badung Manfaatkan Momentum Hari Disabilitas Internasional Dorong Partisipasi Pemilih Disabilitas

  • 27 November 2019
  • 14:15 WITA
berita_192711041125_KPUBadungManfaatkanMomentumHariDisabilitasInternasionalDorongPartisipasiPemilihDisabilitas.jpeg

Mangupura -

Partisipasi masyarakat dalam pemilihan menjadi salah satu indikator pemilihan dapat dikatakan sukses. Kehadiran pemilih pada hari pemungutan suara menentukan tinggi rendahnya tingkat partisipasi masyarakat.

 

Dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020, KPU Kabupaten Badung gencar melakukan sosialisasi menyasar berbagai segmen, salah satunya segmen pemilih disabilitas. Sosialisasi kepada pemilih disabilitas dilakukan bersinergi dengan Dinas Sosial Kabupaten Badung dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional di Wantilan DPRD Kabupaten Badung - Puspem Mangupraja Kabupaten Badung, Rabu (27/11/2019).

 

Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa dalam sambutannya menyampaikan  apresiasi atas diadakannya peringatan hari disabilitas. Pada  momentum ini dengan tema "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul" mari bersama-sama memperkuat komitmen bagaimana membuat kebijakan teknis dalam upaya untuk kedepannya memfasilitasi masyarakat disabilitas, mengedepankan pemberdayaan disabilitas dan mengikutsertakan mereka dalam setiap kegiatan. "Kata kuncinya adalah komunikasi dan koordinasi yang sebaik-baiknya, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara langsung," tutup Suiasa.

 

Dihadapan kurang lebih 350 undangan dan masyarakat difabel, Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Teknis Penyelenggara Ni Luh Nesia Padma Gandi berkesempatan menyampaikan sosialisasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Badung Tahun 2020. Mulai dari tahapan persiapan, pelaksanaan, syarat terdaftar sebagai pemilih, pencalonan perseorangan, hari pemungutan suara serta pemantauan pemilihan.

 

"Kita harus menjadi pemilih cerdas, mendukung kampanye tanpa penyebaran hoax, fitnah dan isu SARA, pastikan nama kita tercantum di DPT, datang ke TPS dan gunakan hak pilih dengan tata cara yang benar," papar Nesia Gandi.

 

Angka partisipasi disabilitas juga menjadi tantangan bagi KPU Badung karena menjadi prioritas nasional. Dalam Pemilu 2019 angka partisipasi pemilih disabilitas di Kabupaten Badung sebesar 68%, belum memenuhi target 70% yang ditetapkan secara nasional. Inilah yang harus ditemukan apa penyebab pemilih disabilitas tidak menggunakan hak pilihnya.

 

Dalam kegiatan tersebut KPU Badung menyebarkan brosur yang berisi informasi tahapan, serta menyediakan stand yang berisi photo-booth dimana pengunjung yang datang diajak membuat foto langsung jadi dengan latar maskot Nayakottama Prayojana dan ajakan menggunakan hak pilih pada 23 September 2020.

 

Nampak antusiasme mereka yang menyandang disabilitas dan juga pendamping yang mengantarkan turut memanfaatkan kesempatan foto gratis tersebut untuk kenang-kenangan dan mendapatkan informasi seputar pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Bupati Badung Tahun 2020.

 

 

Foto terkait :

 

Komentar

Dokumen Terkait