Perkuat Sosialisasi Pilkada Badung 2020, KPU Gelar Media Gathering

  • 26 November 2019
  • 16:30 WITA
berita_192611051118_PerkuatSosialisasiPilkadaBadung2020,KPUGelarMediaGathering.jpeg

KPU Kabupaten Badung mengadakan acara media gathering dengan mengundang awak media/pers baik dari media cetak, televisi, radio, media online dan media mingguan guna membangun sinergi kedepan dalam rangka dalam rangka sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020 karena KPU Kabupaten Badung masuk dalam daftar KPU kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak tahun 2020, pada 23 September 2020.

“Kami di Kabupaten Badung dalam menyongsong Pilkada Badung 2020 sangat membutuhkan bantuan dari teman-teman media untuk turut serta menyampaikan informasi, mensosialisasikan pelaksanaan Tahapan Pilkada Badung 2020”.

KPU Kabupaten Badung mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat bahwa Pemilu 2019 telah berjalan dengan baik dibuktikan dengan tidak adanya gugatan dari peserta pemilu ataupun rekomendasi dari Bawaslu. Dengan dilantiknya anggota DPRD Kabupaten Badung sampai dengan tingkat nasional menandai bahwa tahapan Pemilu 2019 sudah usai.

Lebih lanjut ketua Semara Cipta menyampaikan dalam linimasa perjalanan Pemilu di Kabupaten Badung dari tahun 2004 s.d. 2019, patut berbangga kembali karena tingkat partisipasi pemilih meningkat dari 80 % menjadi 87,22%; “Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami jika dibandingkan dengan pemilihan kepala daerah yang cenderung menurun. Setidaknya KPU Badung ingin menjaga prestasi dimana angka 87,22% pada Pemilu 2019 tetap tercapai pada Pilkada 2020”.

Sesuai dengan arahan Gubernur Bali saat penandatangan NPHD dan atas laporan Ketua KPU Provinsi Bali bahwa indek Demokrasi Bali berada di urutan no 2 setelah Jakarta. Berdasarkan hal tersebut paling tidak capaian tingkat partisipasi di Provinsi Bali menyentuh angka 85 %. Tentunya ini akan dapat tercapai jika semua stakeholder bergerak, tentu bagaimana kemudian kita bisa membangun kesadaran pemilih karena kita akan memilih Bupati Badung yang merupakan pucuk pimpinan tertinggi di ditingkat kabupaten sehingga harapannya masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya untuk dapat memilih pemimpin yang mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat pemilihnya melalui penerapan program kerjanya.

Dalam kegiatan ini disampaikan juga pemaparan proses penandatanganan NPHD dan pencairannya, penyisiran anggaran dengan adanya surat berkenaan dengan penambahan besaran honorarium Penyelenggara Adhoc serta proses pencalonan, yang tahapan sudah dimulai dengan penetapan jumlah minimal dukungan bagi calon perseorangan.

Dalam kesempatan ini juga sebagai perkenalan komisioner KPU Kabupaten Badung beserta agenda yang sudah dan akan dilaksanakan dalam rangka Pilkada Badung 2020 oleh masing-masing Divisi. Salah satunya pelaksanaan Gebyar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020, yang akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari HAM Nasional tanggal 10 Desember 2019.

Program lainnya yang segera dilaksanakan yaitu tanggal 27 Nopember 2019, kami akan bersinergi dengan Dinas Sosial dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional. Ini menjadi tantangan juga bagi kami karena untuk Kabupaten Badung belum memenuhi target tingkat partisipasi untuk pemilih disabilitas yang baru dicapai 68 %, masih kurang 2% dari 70% target nasional.

Pelibatan media dalam sosialisasi Pilkada Badung 2020, agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari akan disampaikan besaran anggaran untuk media, dan mohon disampaikan saran dan masukan untuk perbaikan kami, karena kami untuk melaksanakan setiap kegiatan harus tetap memperhatikan administrasi dan pelaporan kegiatan.

 

FOTO KEGIATAN

Komentar