Melalui Sosialisasi KPU Badung Ajak Pemilih Pemula Salurkan Kreativitas Dukung Pilkada Badung 2020

  • 23 November 2019
  • 14:30 WITA
berita_192311021139_MelaluiSosialisasiKPUBadungAjakPemilihPemulaSalurkanKreativitasDukungPilkadaBadung2020.jpeg

Pemilih Pemula mencakup kurang lebih 30% dalam susunan daftar pemilih pemilu atau pemilihan, menjadikannya sangat strategis dalam upaya pencapaian pendidikan pemilih, kesadaran politik dan demokrasi serta peningkatan angka partisipasi pemilih sebagaimana misi Komisi Pemilihan Umum.

 

Mengundang perwakilan SMA dan SMK yang terdiri dari Pembina OSIS dan pengurus OSIS masing-masing sekolah, KPU Kabupaten Badung menggelar Sosialisasi Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilkada) Badung Tahun 2020 yang pada prinsipnya meminta partisipasi aktif siswa-siwi SMA/SMK dalam pelaksanaannya.

 

“Misi utama kami adalah memberikan pendidikan pemilih, membangun kesadaran politik dan demokrasi serta meningkatkan angka partisipasi pemilih utamanya pemilih pemula dalam setiap pemilu/pemilihan di Kabupaten Badung,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta dalam acara Sosialsiasi di Warung Mina Dalung, Sabtu (23/11/2019).

 

I Wayan Semara Cipta juga menyampaikan ucapan terimakasihnya untuk sekolah-sekolah yang telah terlibat dalam kegiatan KPU Kabupaten Badung, seperti kepada SMK Pariwisata Dalung dan SMK PGRI 2 Badung dalam program Pojok Baca Pemilu yang merupakan bentuk mini dari Rumah Pintar Pemilu yang ada di dalam Kantor KPU Kabupaten Badung.

 

Terkait peningkatan partisipasi tersebut, KPU Kabupaten Badung melalui penyelenggara Event Organizer (EO), berencana melakukan gebyar sosialisasi yang titik awalnya dalam bentuk kegiatan Launching Pilkada Badung Tahun 2020 rencana pelaksanaan pada tanggal 10 Desember 2019, mengundang pemilih pemula ini untuk mengikuti lomba yang bertemakan sosialisasi Pilkada Badung Tahun 2020 terdiri dari lomba aransemen jingle “Nayakottama Prayojana”, dan juga Video Blogging (Vlogging).

 

Mekanisme lomba dan ketentuan lainnya dalam lomba tersebut, dipaparkan oleh direktur PT. Lokacipta Arta Dutasindo (LAD), Ida Bagus Arda Pertama, yang biasa disapa Gus Arda, rekanan EO yang ditunjuk KPU Kabupaten Badung dalam pelaksanaan kegiatan gebyar sosialisasi Pilkada Badung Tahun 2020.

 

Dengan dibuatkan mekanisme lomba dan gebyar sosialisasi seperti ini, KPU Kabupaten Badung mengharapkan partisipasi secara nyata dari masyarakat khususnya pemilih pemula yang tergolong generasi milenial, untuk ikut terlibat dan menyalurkan kreativitasnya, dan tergugah kesadaran politik dan demokrasinya untuk kemajuan pembangunan demokrasi itu sendiri di Kabupaten Badung.

 

Terhadap mereka yang dinyatakan menang atas ide paling kreatif dan original dari pelaksanaan lomba ini, akan diberikan hadiah tidak hanya berupa materi namun juga akan dilibatkan dalam setiap kegiatan sosialisasi yang akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Badung dalam pelaksanaan Pilkada Badung Tahun 2020.

 

Peserta yang hadir diberikan materi berupa handout mekanisme pelaksanaan lomba dan juga brosur sosialisasi yang dibuat oleh KPU Kabupaten Badung didalamnya memuat tahapan pelaksanaan, informasi tentang syarat terdaftar sebagai pemilih, persyaratan pencalonan perseorangan, denah dan tata cara pencoblosan di TPS serta ajakan untuk menjadi pemilih cerdas.

 

FOTO TERKAIT

Komentar