KPU Badung Sosialisasikan Tahapan dan Pencalonan Perseorangan di Petang

  • 18 November 2019
  • 13:45 WITA
berita_191811031107_KPUBadungSosialisasikanTahapandanPencalonanPerseorangandiPetang.jpeg

Mangupura-Setelah mengawali kegiatan sosialisasi di Kecamatan Mengwi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung selanjutnya menyasar instansi pemerintah tingkat kecamatan, desa/kelurahan dan tokoh masyarakat adat se Kecamatan Petang. Kegiatan sosialisasi dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020, dilaksanakan di Kantor Camat Petang, Senin (18/11/2019).

 

Dalam sambutan pembuka, Camat Petang Drs. I Gede Eka Sudarwitha, S.Sos., menyampaikan permakluman atas kehadiran peserta karena adanya berbagai kegiatan yang harus diikuti.

 

Selaku pemangku kepentingan terkait, kami berkepentingan juga memastikan bahwa materi dan informasi kami pastikan bahwa materi dan informasi yang diperoleh hari ini akan tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat di Petang” jelas Eka Sudarwitha yang sebelumnya sempat bertugas di Sekretariat KPU Badung.

 

Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, I Wayan Artana Dana, memaparkan materi tahapan Pilkada Tahun 2020. Penekanan ada pada peran serta perangkat desa dalam mendukung program KPU dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menghadirkan pemilih pada hari pemungutan suara sehingga dapat mengurangi angka golput.

 

“Tingkat partisipasi masyarakat di Petang masih berada di bawah Mengwi dan Abiansemal. Masih banyak pemilih yang belum menggunakan hak pilihnya. Kendala inilah yang harus kita carikan solusi” papar Artana dana.

 

Hal ini menjadi tantangan bagaimana upaya KPU Badung untuk mencapai target tersebut dengan gencar melakukan kegiatan sosialisasi menyasar berbagai segmen pemilih yang ada.

 

Berkenaan dengan jumlah minimum dukungan persyaratan bagi calon perseorangan, disajikan Ni Luh Nesia Padma Gandi, Anggota Divisi Teknis Penyelenggara secara singkat, padat dan jelas.  Bagi masyarakat yang ingin maju melalui jalur perseorangan sudah dapat mulai mempersiapkan diri untuk mengumpulkan dukungan.

 

Dalam diskusi, masih mengemuka permasalahan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh PPDP. Menurut mereka data yang diturunkan oleh KPU tidak valid meskipun dibawah sudah dimutakhirkan. Kendala lain adalah dalam menghadirkan pemilih saat hari pemungutan suara, khususnya bagi pemilih usia lanjut.

 

Sebagai tindak lanjut kegiatan hari ini, terhadap perangkat desa baik itu Perbekel dan Kelian Dinas di wilayah Kecamatan Petang diharapkan dapat melakukan fasilitasi pemilihan khususnya dalam pembentukan BPP Adhoc guna mensukseskan Pilkada Badung 2020.

 

 

foto terkait :

Komentar