KPU Badung Sosialisasikan Mekanisme Penghitungan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Badung

  • 29 Juni 2019
  • 14:15 WITA
KPU-Badung-Sosialisasikan-Mekanisme-Penghitungan-Perolehan-Kursi-dan-Penetapan-Calon-Terpilih-Anggota-DPRD-Kabupaten-Badung_549256.jpg

Sebelum dilaksanakan tahapan Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Badung dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, KPU Kabupaten Badung terlebih dahulu menggelar sosialisasi mengenai mekanisme pelaksanaannya kepada peserta Pemilu dan segenap stake holder terkait di Kabupaten Badung, bertempat di Hotel Nirmala, Sabtu (29/06/2019).

Sebelumnya, dalam sambutan pembukaan acara ini, Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta menyampaikan bahwa KPU diwajibkan menyampaikan sosialisasi mengenai tahapan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, berdasarkan tahapan sebelumnya yakni rekapitulasi penghitungan perolehan suara yang telah dilaksanakan sebelumnya, 6 Mei 2019 di hotel Crystal Nusa Dua.

Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Hukum dan Pengawasan, Anak Agung Gede Raka Nakula yang hadir selaku pemateri utama menyampaikan pentingnya pemahaman oleh semua pihak khususnya partai politik peserta pemilu untuk memahami mekanisme serta tata cara penghitungan perlohan kursi dan penetapan calon terpilih Anggota DPRD Kabupaten Badung dalam Pemilu Tahun 2019 ini.

Penghitungan perolehan kursi berdasarkan perolehan suara sah partai politik peserta pemilu disampaikan dalam bentuk ilustrasi menggunakan metode Sainte Lague oleh Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ni Luh Nesia Padma Gandi.

"Sebagaimana metode _Sainte Lague_, perolehan suara sah parpol akan dibagi dengan bilangan ganjil berurutan dari 1, 3, 5 dan seterusnya sejumlah alokasi kursi pada dapil bersangkutan, kemudian hasil bagi tersebut diperingkat atau dirangking untuk mencari peringkat teratas sejumlah alokasi kursi di dapil tersebut," jelas Nesia Gandi.

Nesia Padma Gandi menjelaskan lebih lanjut tahapan selanjutnya yakni penentuan calon terpilih yang dilakukan berdasar peringkat suara sah di internal partai politik yang ditetapkan memperoleh kursi untuk setiap dapilnya.

Proses penetapan perolehan kursi dan calon terpilih nantinya dilakukan melalui rapat pleno terbuka yang hasilnya dituangkan kedalam Berita Acara Model E-KPU beserta lampirannya dalam Formulir Model E1-KPU tentang Penghitungan Perolehan Kursi Partai Politik, Formulir Model E1.1-KPU tentang Rekapitulasi Jumlah Perolehan Kursi Partai Politik serta Formulir Model E1.2-KPU tentang Daftar Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten/Kota Pemilu Tahun 2019.

Hingga memasuki proses penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, KPU Kabupaten Badung terpantau tidak terdapat kendala yang oleh karenanya ketua KPU Kabupaten Badung menyampaikan apresiasi kepada segenap pihak yang turut membantu kesuksesan pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Badung.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini Anggota KPU Provinsi Bali, Bawaslu Kabupaten Badung, Jajaran Instansi Terkait di Kabupaten Badung, Pengurus dan Tim Penghubung Partai Politik di Kabupaten Badung, serta ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2019 se Kabupaten Badung.

Komentar