Tegaskan Pentingnya Dokumen Pemilu 2019, KPU Badung Kumpulkan Badan Ad Hoc

  • 28 Juni 2019
  • 21:16 WITA
Tegaskan-Pentingnya-Dokumen-Pemilu-2019-KPU-Badung-Kumpulkan-Badan-Ad-Hoc_557384.jpg
 
 
Mangupura- Meski pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 telah berlangsung dengan aman dan lancar di Kabupaten Badung, namun pengelolaan dokumen teknis tetap menjadi tugas penting bagi penyelenggara pemilu. Hal tersebut ditegaskan Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta dalam rapat koordinasi bertempat di kantor setempat, Kamis (27/6/2019).
 
Rapat koordinasi serangkaian pembahasan dan pengelolaan dokumen teknis Pemilu 2019 dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama dihadiri oleh jajaran PPK dan Sekretariat PPK se-Kabupaten Badung. “Dokumen ini dibutuhkan untuk menyusun laporan Pemilu 2019” tegas Semara Cipta. Laporan ini diharapkan selesai sebelum memasuki persiapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020.
 
Sesi kedua, dihadiri oleh jajaran badan ad hoc se-Kecamatan Petang. Hal senada ditegaskan kembali, terutama berkaitan dengan pengumpulan dokumen yang memerlukan waktu lama. Dalam kedua sesi tersebut, jajaran badan ad hoc menyampaikan berbagai kendala selama pelaksanaan Pemilu 2019. Dari evaluasi ini, diharapkan terdapat perbaikan dalam penyelenggaraan Pilbup Badung Tahun 2020.
 
Pada kesempatan tersebut, disampaikan pula daftar inventaris masalah yang harus diisi oleh jajaran badan ad hoc. Inventaris masalah dari seluruh tahapan ini, dilengkapi pula dengan rekomendasi dari setiap poin permasalahan, sehingga sekaligus menjadi masukan bagi penyelenggaraan pemilihan berikutnya. 
 
Sementara itu, berdasar rancangan peraturan KPU tentang Tahapan dan Jadwal Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020, disampaikan tahapan pelaksananaan akan dimulai pada September 2019. Perekrutan badan ad hoc, menurut rancangan ini akan dimulai pada awal 2020.

Komentar