KPU Badung Sampaikan Hasil Audit Dana Kampanye Pemilu 2019 Kepada Parpol

  • 03 Juni 2019
  • 16:34 WITA
KPU-Badung-Sampaikan-Hasil-Audit-Dana-Kampanye-Pemilu-2019-Kepada-Parpol_160117.jpeg

Pasca penyampaian Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) oleh Partai Politik Kabupaten Badung Pemilu Tahun 2019, KPU Kabupaten Badung mengadakan rapat Evaluasi Pelaporan dan Penyampaian Hasil Audit Dana Kampanye Pemilu Tahun 2019 bertempat di Warung Mina Dalung, Senin (03/06/2019).

 

Dalam pembukaannya Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan evaluasi sekaligus penyampaian hasil audit yang sudah diterima oleh KPU Kabupaen Badung dari KAP melalui fasilitasi KPU Provinsi Bali

 

Sebelumnya KPU Kabupaten Badung telah menyampaikan Laporan Dana Kampanye (LDK) Partai Politik kepada Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk dilakukan audit sesuai dengan pedoman pelaksanaan audit. KAP wajib menyelesaikan audit paling lambat 30 hari sejak menerima LDK dari KPU Badung.

 

“Paling lambat 7 hari setelah KAP menyerahkan hasil audit LDK, KPU wajib menyampaikan hasil audit kepada Partai Politik sehingga ditentukan hari ini kami menyampaikannya,” kata Semara Cipta.

 

Hasil audit disajikan dalam Laporan Asurans Independen yang berisi cakupan informasi pokok audit serta simpulan yang menyatakan apakah LDK Partai Politik telah mematuhi kriteria materiil yang berlaku atau terdapat catatan khusus.

 

Bambang Suprasto dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang melakukan audit terhadap LDK Partai Politik menyatakan bahwa secara umum di Kabupaten Badung tidak terdapat kendala berarti, hanya saja evaluasi terhadap penggunaan aplikasi Sistem Informasi Dana Kampanye (SIDAKAM) yang masih perlu disempurnakan.

 

Sebagai bentuk transparansi kepada publik, hasil audit ini juga akan diumumkan pada website KPU Kabupaten Badung dan papan pengumuman KPU.

 

Hadir dalam acara ini tim penghubung ataupun perwakilan dari Partai Politik di Kabupaten Badung, Bawaslu Kabupaten Badung serta perwakilan IAI selaku pendampingan Helpdesk KPU Kabupaten Badung.

 

FOTO KEGIATAN

Komentar