Sosdiklih KPU Badung Hadirkan Tema Keterlibatan Perempuan Dalam Politik

  • 14 Oktober 2021
  • 15:00 WITA
berita_211510111001_SosdiklihKPUBadungHadirkanTemaKeterlibatanPerempuanDalamPolitik.jpeg

Mangupura. - Untuk meningkatkan angka partisipasi dalam Pemilu dan Pemilihan, KPU Kabupaten Badung kembali gelar sosialisasi pendidikan pemilih dengan menyasar segmen pemilih perempuan Tim Penggerak PKK se Kecamatan Abiansemal, Kamis (14/10/2021) bertempat di Wantilan Pura Taman Mumbul, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal

 

Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara sosialisasi menyampaikan bahwa pilihan segmen perempuan ini tepat. Unsur PKK sendiri keanggotaannya adalah ibu-ibu yang menjadi bagian paling sederhana dalam menyebarkan informasi salah satunya pendidikan politik, dimulai dari keluarga sehingga dianggap mampu meneruskan informasi yang diperoleh dalam kegiatan ini.

 

Camat Abiansemal, Ida Bagus Putu Mas Arimbawa yang hadir, memberikan apresiasi dengan dipilihnya Kecamatan Abiansemal sebagai tempat sosialisasi, sekaligus melakukan promosi terhadap tempat-tempat wisata yang ada di Abiansemal. Lebih lanjut Kecamatan Abiansemal siap untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Badung yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, serta memfasilitasi pelaksanaan pemilihan yang akan datang.

 

Sebagai narasumber, Dosen Program Studi Ilmu Politik FISIP Universitas Udaya, Dr. Kadek Dwita Apriani, S.Sos.,M.I.P. dengan materi Pendidikan Politik Bagi Perempuan. Dalam pemaparannya ibu-ibu PKK diajak menjadi “Perempuan Pemilih” yang sadar bahwa suaranya akan memberi perubahan yang baik untuk bangsa. Lebih lanjut disampaikan juga kecenderungan sikap pemilih perempuan di Bali, hambatan serta keterlibatan perempuan dalam berpolitik .

 

Pada sesi kedua hadir Presidium Organisasi Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) – Dra. Kadek Wirati, M.H. dengan materi Pemilu dan Partisipasi Perempuan. Disini perempuan didorong untuk turut serta berpartisipasi menyelesaikan persoalan perempuan dalam berpolitik. Sehingga penting bagi perempuan untuk turut dalam partisipasi politik.

 

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 ini dipandu Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, I Wayan Artana Dana selaku Moderator. Dalam sesi diskusi terlihat antusias dari peserta untuk mengetahui bagaimana cara menilai bahwa perempuan itu dapat dikatakan sudah terlibat dalam politik secara luas. Termasuk bagaimana mengatasi stigma dimasyarakat bahwa partisipasi perempuan dalam politik tidak memberikan pengaruh.

 

Harapan kedepannya bahwa keterlibatan perempuan dalam politik menawarkan satu pendekatan baru yang dapat mengubah paradigma politik, dari semula dianggap cara untuk menguasai menjadi cara untuk memberdayakan atau melayani rakyat.

 

Foto terkait:

Komentar